Gambaran Umum Semut RangRang

Semut rangrang sering di sebut juga semut kroto karena menghasilkan telur semut yang biasa di sebut keroto , di dunia barat ternyata banyak juga nama atau sebuatan bagi hewan kecil ini . di antara nya : Weaver Ant atau dalam bahasa kita semut penenun . alasan mengapa mereka di sebut semut penenun karena merka membuat sarang dengan cara menenun nya dengan benang sutra yang berasal dari larva mereka sendiri . mereka juga bisa menjahit daun-daun di pohon loh untuk di jadikan tempat bersarang nya mereka . Karena mereka suka berada di pohon sebagian orang barat menyebutnya Tree Ant / Green Tree ant atau Semut Pohon / semut pohon hijau , dan sebagian orang juga menyebutnya orange gaster di indonesia menjadi semut merah / red ant untuk panggilan nya walaupun tubuhnya cenderung warna orange , Dalam Bahasa indonesia di sebut Rangrang dan dalam bahasa sunda di sebut rarangge :D . di malaysia di sebut semut api / Fire Ant meskipun sebenarnya salah karena fire ant / semut api berbeda jenis (Solenopsis) Sedangkan nama ilmiah nya Oecophylla.
       Oecophylla mempunyai banyak family yang dapat di temukan di afrika,Eropa , dan Asia-australia . Di asia-australia mereka berada di sebagian wilayah india , sebagian wilayah china , thailand , vietnam , Laos , Myanmar , malaysia ,indonesia dan sebagian wilayah australia , Semut rangrang afrika mempunyai nama ilmiah / latin Oecophllya Longinoda mereka berada di sebagian gurun sahara ,
       Semut rangrang asia - australia mempunyai nama ilmiah/latin Oecophllya Smaragdina. Family fromcidae dan ordo Hymenoptera atau masih sekeluarga dengan tawon .

Johan Christian Fabricius (7 januari 1745 - 3 maret 1808 ) . Seorang ahli zoologi khusus nya serangga dari schleswig denmark yang pertama kali melakukan penelitian tentang semut , termasuk semut kroto atau semut merah . dia mendapat gelar Proff dari university of copenhagen 1770 dalam sistem entomologi setelah berhasil membei nama 10.000 spesies binatang dan mendirikan dasar untuk klafikasi serangga modern . pada tahun 1775-1776 dia juga mendapatkan gelar Proff dari university of kiel dalam bidang natural history and economics , yaitu sejarah alam dan ekonomi .



STRUKTUR SOSIAL SEMUT RANGRANG

Tipe/ Struktur dari semut rangrang





Semut rangrang hidup dalam kelompok sosial dimana aktivitas di bagi sesuai dengan tipe individunya (Kedudukannya) . dengan kerjasama dan organisasi yang baik , serta disiplin , mereka dapat melakukan banyak hal . ada beberapa istilah yang akan kita jumpai dalam mempelajari semut rangrang ;

KLONI  :    Adalah masyarakat semut yang terdiri dari ratu semut , semut prajurit , semut pekerja dan semut jantan . Mereka dapat tinggal di satu sarang atau lebih dengan jumlah anggota ratusan , Ribuan bahkan peneliti barat bisa mencapai setengah juta ekor semut .

Kloni para Pejuang semut
Ratu Semut   : Adalah salah satu dari induk semut yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari semut yang lain atau hampir sama dengan tawon berwarna kehijauan atau kecoklatan . Induk semut akan menjadi ratu setalah melakukan beberapa kali masa perkawinan. dia akan melepaskan sayapnya karena umurnya yang pendek atau beberapa bulan saja . Yang akan di nobatkan menjadi ratu semut adalah semut induk yang melepaskan sayapnya . Sedangkan semut induk yang tidak melepaskan sayapnya akan terus bertelur sampai ia mati . Telur-telur semut induk ukuran nya lebih besar dari semut biasa yaitu kurang lebih sebesar kacang tanah dan berbentuk elips . Ciri-ciri ratu semut yaitu ia akan selalu di hinggapi atau di selimuti semut-semut yang lain . hal ini adalah sebagai perlindungan terhadap kloni atau atau serangga lain yang mencoba mengganggu sehingga mata kita melihat tidak begitu jelas melihatnya , karena yang terlihat hanya seperti gumpalan semut yang sedang mengerumuni ulat .

      Semut Jantan    :  Mempunyai ukuran lebih besar dari semut prajurit akan tetapi lebih kecil dari ratu semut . yang membedakan ialah semut jantan beerwarna hitam atau kehitam-hitaman dan mempunyai sayap . Hidup nya sangkat singkat , setelah ia mengawini ratu semut ia akan mati .

      Semut Pekerja  : semut pekerja adalah semut betina yang mandul , mereka tinggal dalam sarang dan merawat semut-semut muda . ukuran semut pekerja lebih kecil dari semut prajurit .

      Semut Prajurit  : semut prajurit merupakan golongan yang paling banyak jumlah nya . mereka mempunyai tugas mencari makanan dan membawa makanan ke sarang . selain itu mereka mempunyai tugas membangun sarang serta mempertahankan daerah kekuasaan dari musuh nya .


 
Ratu semut mejeng




























SIKLUS PERTUMBUHAN SEMUT RANGRANG

Siklus pertumbuhan semut rangrang dimulai dari telur , pada awal nya ukuran telur semut rangrang hanya sebesar butir gula berwarna putih kemudian hanya beberapa hari berubah menjadi sebesar bulir beras , perkembangan berikutnya berubah menjadi yang ukuran nya sama atau lebih besar sedkit dari bulir beras . dan kemudian menjadi pupa . pada fase ini sudah terbentuk organ tubuh lengkap seperti semut dewasa tetapi warna nya masih putih dan belum dapat berjalan , Selanjutnya pupa berubah menjadi semut dewasa yang sudah berubah warna dan ukuran yang sesuai dengan struktur sosial nya (Kedudukannya) .




MAKANAN SEMUT RANGRANG

    Semut rangrang mengkonsumsi protein dan gula/cairan manis . di alam bebas semut rangrang bertahan hidup dengan memakan serangga dan beberapa jenis kutu daun untuk memenuhi kebutuhan protein , Semut rangrang juga mencari Honeydew yaitu cairan manis yang keluar dari pangkal cabang muda . 
Sedang mkan siang

Dalam pekarangan semut rangrang tentu nya sudah tidak makan seperti pada waktu dia di alam bebas , mereka cukup di beri makan ulat hongkong atau jangkrik mana yang lebih mudah dan murah hehe , kemudian untuk pengganti honeydew adalah air putih yang telah kita kasih gula , dalam penangkaran semut rangrang mengkunsumsi hampir 80% air gula dan 20% protein .

MANFAAT SEMUT RANGRANG BAGI MANUSIA 

Ulat hongkong
1. Sebagai biokontrol bagi beberapa tanaman buah , karena semut rangrang akan memangsa atau memakan serangga yang tertentu , seperti ulat daun dan kutu daun sehingga mengurangi penggunaan pestisida bagi petani .

2.Sebagai makanan yang bergizi bagi burung berkicau
3. sebagai Umpan ikan bagi pemancing atau nelayan
4. Sebagai campuran obat tradisional di beberapa negara asia tenggara

KARAKTER SEMUT RANGRANG

1.Sangat agresif dalam mempertahankan wilayah
2.Menyukai ketinggian
3,Terorganisir dalam sebuah kloni dimana setiap kedudukan mempunyai tugas nya masing- masing baik dalam membuat sarang , mencari makan mau pun mempertahankan wilayah 
4.Di alam bebas semut rangrang tidak bisa berbaur dengan kloni semut rangrang lain, di penangkaran antar kloni dapat di satukan dengan proses dan tahapan tertentu .


















Like the Post? Do share with your Friends.
?